NOKIA
Nokia Corporation merupakan salah satu produsen peralatan telekomunikasi
terbesar di dunia.Kantor pusatnya berada di kota Espoo, Finlandia dan
perusahaan ini paling dikenal lewatproduk telepon selularnya.Strategi harga yang ditetapkan oleh Nokia adalah Skimming Price. Karena Nokiamenetapkan harga awal yang tinggi untuk produk-produk keluaran terbarunya. Tapi semakin lama harga produk itu akan menurun drastis.
Siklus Hidup Nokia:
1. Tahap Perkenalan / Introduction Stage
Dalam tahap ini produk mulai dikenalkan pada masyarakat. Pada awal 1981, Nokia mulai meluncurkan produk pertamanya yang bernama Nordic Mobile Telephony(NMT). Jadi sepanjang decade 1980-an NMT diperkenalkan ke sejumlah Negara.
2. Tahap Pertumbuhan / Growth Stage
Merupakan tahapan dimana penjualan produk mulai mengalami peningkatan. Setelahproduk pertama Nokia diperkenalkan ke pasar. Nokia mendapatkan sambutan yangluar biasa dari masyarakat. Sehingga pada pertengahan tahun 1990-an produk Nokiamenjadi yang nomor satu di dunia.
3. Tahap Kedewasaan / Maturity Stage
Pada tahap ini penjualan masih meningkat dan pada tahap berikutnya tetap. Dalamtahap ini, laba produsen maupun laba pengecer mulai turun. Persaingan menjadisangat ketat sehingga perusahaan perlu memperkenalkan produk dengan model yangbaru.Target penjualan sebanyak 500.000 unit berhasil diarih oleh Nokia pada tahun 1994.Produk Nokia tersebut berhasil tejual di 130 Negara.
4. Tahap Penurunan / Decline Stage
Dalam tahap ini produk mengalami penurunan penjualan. Dalam beberapa tahunterakhir ini produk nokia mengalami penurunan. Diakibatkan fitur dari produk Nokiayang sudah mulai tertinggal oleh produk pesaing seperti Blackberry, Apple, danSamsung. Karena produk Android dan Blackberry lebih diminati oleh para konsumensekarang. Hal tersebut dikarenakan produk-produk tersebut memiliki fitur yang lebihbaik. Seperti Blackberry lebih memudahkan untuk berkomunikasi secara murah denganadanya Blackberry Messanger. Maka dengan penurunan penjualan yang dialami,sebaiknya Nokia memperbarui fungsi produknya dan meninjau kembali produknya.
Referensi
http://herususilofia.lecture.ub.ac.id/2012/05/mata-kuliah-pengantar-administrasi-bisnis/comment-page-1/#comments
Tidak ada komentar:
Posting Komentar